Pages

Kamis, 12 Agustus 2010

bandung tempo doeloe

28 tahun sudah saya menghuni kota ini (ups, jadi ketauan deh umur saya), kota nan elok yang kini telah menjadi lautan api, mari bung rebut kembali. (doh malah jadi nyanyi…) okey, back to topik hidayat… Kata tante WikiKota Bandung adalah ibu kota provinsi Jawa Barat. Kota ini pada zaman dahulu dikenal sebagai Parijs van Java atau “Paris dari Jawa”.
Karena terletak di dataran tinggi, Bandung dikenal sebagai tempat yang berhawa sejuk. Hal ini menjadikan Bandung sebagai salah satu kota tujuan wisata.  Yang menarik perhatian saya dari kota ini adalah, Bandung memiliki banyak sekali bangunan-bangunan tempo dulu yang hingga saat ini masih bisa dinikmati. Meski banyak yang sudah berubah fungsi, namun ciri khas arsitektur zaman Belanda masih melekat erat pada bangunan-bangunan tersebut.

contoh foto di atas, merupakan bangunan yang hingga saat ini masih memiliki bentuk yang sama dengan tempo dulu. Bangunan ini terletak di jalan belitung, yang saat ini menjadi bangunan SMA 5 dan 3 Bandung. atau kita naik sedikit ke arah barat, ada bangunan yang dulunya merupakan pusat bursa dagang, di mana setiap tahunnya diadakan pameran dagang dan pasar malam di sana. Saat ini, gedung tersebut telah menjadi gedung markas komando pendidikan dan latihan (MAKODIKLAT) TNI Angkatan Darat.

ada pula gedung yang telah mengalami perubahan dari bentuk aslinya, namun tetap memiliki nuansa tempo dulu yang kental. Contohnya adalah gedung Concordia yang didirikan pada tahun 1895 yang kemudian dihacurkan dan dibangun kembali pada tahun 1921 oleh arsitek Belanda ternama, C.P. Wolff Schoemaker, di mana hingga saat ini masih bisa lihat kemegahan nya di jalan Asia Afrika. Gedung ini sekarang lebih dikenal dengan sebutan Gedung Merdeka.

Tentu saja ada juga sekali bangunan yang sudah tidak meninggalkan sedikitpun ciri khas nya, contohnya ada bangunan pasar baru Bandung yang telah mengalami banyak sekali perubahan.

Contoh lain bangunan yang sudah banyak sekali mengalami perubahan adalah Mesjid Agung Bandung yang terletak di alun-alun Kota Bandung di mana saat ini telah berubah nama menjadi Masjid Raya Bandung. Atau yang paling hebat adalah Mall Bandung Indah Plasa yang terletak di jalan Merdeka, ternyata dulunya merupakan hotel yang terkenal di kota Bandung yaitu Hotel Flat Olcott Park. Flat Olcott Park sempat berubah nama menjadi Hotel Pakunegara sebelum berubah menjadi salah satu mall terkenal di kota Bandung. melestarikan sejarah serta budaya merupakan hal yang harus dilakukan oleh pemerintah negeri ini. Gedung-gedung yang memiliki nilai sejarah serta catatan sejarah penting harus dirawat dan dilestarikan dengan baik. Jangan sampai anak cucu kita nanti tidak tahu bahwa kota ini memiliki sejarah yang luar biasa penting. keep bandung beautifull euy…. :D     Foto dan sumber diambil dari (saya haturkan terima kasih) :) .
sumber di copas dari 
http://dudhynanda.blogspot.com/2010/05/bandung-tempo-dulu.html
Free Template Blogger collection template Hot Deals SEO

0 komentar:

Posting Komentar